Is Live Music by:Lee B.Brown
NAMA : Rehan Tri Wicaksono
NPM : 202146500948
KELAS : R3L
MATKUL : Fisafat Seni
DOSEN : Angga
Kusuma Dawami, M. Sn.
Review Is Live Music?
Lee B.Brown
Sebuah
rekaman, katanya, berdiri di antara penonton dan musik seperti
lembaran kaca yang melindungi lukisan dari penonton di museum seni. Ideal,
katanya, adalah transparansi. Eisenberg menggambarkan ikon fonografi
awal tertentu, seperti pemain terompet jazz Louis Armstrong atau penyanyi
tenor opera Enrico Caruso, yang sangat cocok untuk menjangkau kita dari
masa lalu. Di satu sisi, phonophile akan membantu dirinya sendiri
untuk mengidealkan versi sistem musik rumah yang hanya mungkin dalam fiksi
ilmiah. Pada saat yang sama, fonofobia memunculkan idealisasi
berlebihan dari pengaturan musik live.
Terlepas dari kurangnya resolusi, masalah
ini membakar dengan tingkat intensitas yang sulit dijelaskan jika masalah itu
hanya masalah teknis. Sulit untuk tidak menganggap perdebatan itu sebagai
gejala keanggotaan dalam komunitas-komunitas yang cenderung semakin eksklusif
satu sama lain. Pendengar yang hidup di dunia musik kaleng tidak suka
mendengar bahwa dia kehilangan sesuatu. Fonofobia memiliki loyalitas
komunal yang berlawanan.
Epistemologis tentang fonografi diperumit oleh
fenomena manipulasi fonografi, yang sebenarnya selalu tertanam dalam
teknologi. Memang, perusahaan yang berbeda menggunakan formula yang
berbeda untuk melakukannya. Di era pita magnetik, manipulasi
melangkah lebih jauh dan membuka wilayah luas dari suara yang dibangun secara
total. Penggunaan tape recorder awal yang paling menonjol menghasilkan
proyek beton musik tahun 1940-an, yang menggunakan teknologi baru untuk
mengubah berbagai suara menjadi jenis musik baru tanpa skor.
Orang mungkin menyebut musik seperti itu
"phonoart”. Ini adalah kategori musik yang benar-benar baru, karena
bergantung pada kemajuan teknologi rekaman. Karya-karya phonoart tidak
dapat dilakukan, tetapi hanya diputar ulang, dari
pita, bongkahan vinil, atau CD yang dimuat ke dalam peralatan yang
sesuai. Benar, seseorang bisa saja menyanyikan lagu yang menjadi
bahan dalam Sersan. Berkat penggunaan peralatan
pitch-shifting, phonoart tidak terbatas pada pencampuran dan pencocokan
suara musik konvensional, seperti yang dicontohkan oleh album Low 1977
karya David Bowie.
Atau dengarkan "Deep Blue" Brian
Eno, di mana tidak ada alat musik dalam pengertian tradisional yang
memainkan peran apa pun.
Apakah Musik Langsung Mati?
209
Kecenderungan alami adalah untuk mengecualikan rekaman pertunjukan jazz yang
lengkap dari kategori phonoart, mengingat ekspektasi standar bahwa rekaman
jazz adalah cerminan dari acara pertunjukan yang sebenarnya, di mana
musisi bermain dan bereaksi satu sama lain dengan tingkat
tertentu. spontanitas secara real time. Dengan kata
lain, rekaman jazz mungkin berada dalam lingkup apa yang disebut oleh
filsuf Noël Carroll sebagai rekaman dokumenter «tanpa pernis», yaitu
rekaman yang tidak dimanipulasi. Namun, seperti yang telah
dicatat, pembagian praktis antara fonoart dan dokumen fonograf yang tidak
dipoles ini bermasalah, mengingat banyaknya manipulasi elektronik yang
menyertai produksi semua rekaman musik. Banyak rekaman musik yang
terdengar dokumenter tidak. Karena Stephen Davies menggunakan istilah
tersebut, pertunjukan pada rekaman simulasi dapat dilakukan secara
langsung. Masalahnya, bagaimanapun, adalah bahwa perkembangan
teknologi memiliki cara untuk mengalahkan upaya semacam itu untuk merapikan
semuanya dengan cara ini. Dengan «jazz halus» yang
khas, misalnya, trek utama oleh instrumen yang memainkan melodi
diletakkan di atas latar belakang, yang terdiri dari sampel musik dan
«pad», yaitu, ritme terprogram dan timbre paduan suara, string, dan
seterusnya. Musiknya tidak begitu banyak ditampilkan sebagai laminasi
bersama sesuai dengan rencana.
Lebih jauh, semua fonografi melibatkan suatu bentuk manipulasi yang begitu
mendasar bagi semua rekaman sehingga kita hampir tidak
menyadarinya, yaitu, efek pengulangan itu sendiri. Tapi itu
adalah informasi tentang sepotong artifisial yang terisolasi dari apa yang
biasanya merupakan tindakan yang sedang berlangsung.
patung terkenal yang memberi esai Lessing namanya menggambarkan pendeta Laocoön
dan putra-putranya yang dijerat oleh ular, sebagai hukuman ilahi karena
mencoba memperingatkan Trojan agar tidak mengambil kuda dongeng. Karena
melihat seorang pria berteriak dalam cengkeraman ular besar yang sebenarnya
mungkin terlihat mengerikan, pematung, kata Lessing, melunakkan
ekspresi sosok itu menjadi sesuatu yang lebih seperti desahan dari pada
jeritan.
api Lessing tidak tahu tentang gambar bergerak, yang tidak perlu
membekukan orang pada waktunya untuk mewakili tindakan mereka.
210 Lee B. Brown
mendengar suara-suara itu. Apa yang saya dengar adalah hasil keputusan di
tempat oleh Rollins tentang arah musik yang dia ciptakan saat saya
mendengarkan. Tapi bagaimana jika itu telah direkam? Jika Anda pergi ke
tempat yang digantung di Museum of Modern Art, Anda dapat mengamati detail
lukisan Starry Night karya Van Gogh selama yang anda
mau. Sekarang, pertunjukan musik, seperti Rollins, tidak
ditata dalam ruang, melainkan terbentang dalam waktu. Tapi begitu
juga dengan rekamannya. Namun, tidak seperti penampilan Rollins pada
saat itu, rekamannya dapat diputar lagi, dan lagi—dan
lagi. Mereka berangsur-angsur menjadi tetap seperti ciri-ciri karya yang
dikomposisikan, bahkan lebih dari itu. Pertunjukan langsung dari
karya yang dikomposisikan selalu memungkinkan beberapa detail yang bergantung
pada pilihan spesifik dari pemain. Tetapi seseorang tidak dapat
menafsirkan rekaman. Seseorang hanya dapat memutar ulang detail persis
yang telah dimasukkan ke dalamnya. Efek fonografis ini—bisa dikatakan
sebagai pembalseman pertunjukan musik tampak sangat mencolok dalam kasus musik
improvisasi. Tetapi jika Anda berpikir bahwa masalah ini dapat memengaruhi
semua pertunjukan musik yang direkam, komposer musik klasik Roger Sessions
setuju dengan Anda. Pertimbangkan penampilan karya Chopin oleh Vladimir Horowitz. Apakah
rekamannya tidak memiliki efek pengapuran yang serupa?
Tapi Mark, yang tidak tahu seperti apa rupa Frank Lacy, masih mencoba
mengingat di trek mana, atau di CD mana, pertunjukan Mingus bisa
ditemukan. Percakapan mulai terkulai, dan kami hanyut kembali ke
komunitas musik kami yang berbeda.
Tetapi anggota dari setiap komunitas harus merasa terganggu. Fonophil jazz
tidak suka berpikir bahwa dia tertutup dari pertunjukan musik yang
otentik. Dan fonofobia jazz harus menyadari bahwa situasinya ironis. Justru
karena jazz bukanlah bentuk komposisi yang menyeluruh, dan karena pada
dasarnya bergantung pada spontanitas improvisasi, maka wacana rinci
tentangnya, selain dalam ephemera anekdot dan jurnalisme, tergantung
pada medium yang sekaligus musuh keras
musik. , yaitu, fonografi.
Apakah Musik Langsung Mati?
211 atau tidak, kata Carroll. Tapi Anda mungkin resah dengan
kenyataan bahwa industri rekaman tampaknya memiringkan semua musik ke kondisi
seni massa. Pertama, sebagaimana dicatat, ia percaya pada kemungkinan
dokumen fonografi pertunjukan yang «tidak dipernis». Sekarang dokumen seni
belaka bukanlah seni itu sendiri, massa atau sebaliknya.
Namun tentunya kepentingan mereka akan dibanjiri oleh kepentingan konsumen pada
umumnya dan industri yang melayani mereka. Carroll menolak keras asimilasi
semua rekaman musik ke seni massal karena alasan kedua, yaitu bahwa
beberapa konten tidak mudah diakses. Hal ini sesuai bahwa penonton tidak
hanya musik klasik muskil, tetapi untuk musik klasik rekaman secara umum terus
menurun. Dalam kasus seperti itu, kami mengakui «asli,» dengan
membandingkan reproduksi yang dipahami bukan hal yang nyata.
Sebaliknya, bahkan jika semua salinan Coming Out yang ada
dihancurkan, novel itu tetap ada selama contoh tokennya masih dapat
dieksekusi oleh mesin cetak. Karena musik yang berasal dari pertunjukan
jazz improvisasi klasik dapat dihafal atau dinotasikan, dan kemudian
diputar lagi atau direkam, contoh token dari aliran akustik yang
dihasilkan dapat dengan mudah dieksekusi untuk pemutaran CD atau pengunduhan
iPod. Singkatnya, bahkan dengan improvisasi musik jazz, kami
pada akhirnya tidak bergantung pada yang asli, seperti halnya dengan
Friends atau Coming Out. Seorang vivaphile jazz yang merenungkan masalah
ini secara filosofis mungkin keberatan bahwa dengan pertunjukan yang
benar-benar improvisasi, kami memiliki yang asli.
Dengan cara yang sama, improvisasi oleh Sonny Rollins atau Herbie Hancock
hanya dapat diidentifikasi sebagai peristiwa spesifik yang dapat
didata. Masalahnya adalah bahwa industri musik seni massal dapat dengan
mudah mengesampingkan kehalusan ini dengan memperlakukan semua sumber musik
sebagai makanan untuk dicampur dan dicocokkan, tanpa memperhatikan status
aslinya atau proses pembuatannya. Dalam esai ini, saya memusatkan
perhatian terutama pada pertunjukan musik improvisasi, yang status
kehidupannya tampaknya sangat relevan.
Media teknologi mungkin
telah bekerja begitu dalam ke dalam pesan sehingga rekaman tidak lagi berfungsi
sebagai dokumen pertunjukan musik tetapi sebagai karya seni massa dalam dirinya
sendiri.
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini supaya kita tahu bahwa awal mula musik
berkembang tidak berjalan baik" saja. Dan mengetahui tentang perjalanan
sejarah perkembangan musik.
Permasalahan
Banyak nya hal permasalahan yang terjadi seperti :
"Terlepas
dari kurangnya resolusi, masalah ini membakar dengan tingkat intensitas
yang sulit dijelaskan jika masalah itu hanya masalah teknis.Sulit untuk tidak
menganggap perdebatan itu sebagai gejala keanggotaan dalam komunitas-komunitas
yang cenderung semakin eksklusif satu sama lain".
"Epistemologis
tentang fonografi diperumit oleh fenomena manipulasi fonografi, yang
sebenarnya selalu tertanam dalam teknologi".
"Kategori
musik yang benar-benar baru, karena bergantung pada kemajuan teknologi
rekaman. Karya-karya phonoart tidak dapat dilakukan, tetapi hanya
diputar ulang, dari pita, bongkahan vinil, atau CD yang dimuat
ke dalam peralatan yang sesuai".
Metologi Penelitian
Sebagai catatan bahwa tindakan sulit untuk tidak menganggap perdebatan itu sebagai
gejala keanggotaan dalam komunitas-komunitas yang cenderung semakin eksklusif
satu sama lain. seharus nya kita harus memberikan support terhadap
perkembangan musik pada tahun 1940an, supaya musik dan seni lebih di senangi
oleh masyarakat.
Kesimpulan
Setelah saya rewiew ini adalah kategori musik yang benar-benar baru,
karena bergantung pada kemajuan teknologi rekaman.Karya-karya phonoart tidak
dapat dilakukan, tetapi hanya diputar ulang, dari pita, bongkahan vinil, atau
CD yang dimuat ke dalam peralatan yang sesuai.Kecenderungan alami adalah untuk
mengecualikan rekaman pertunjukan jazz yang lengkap dari kategori phonoart,
mengingat ekspektasi standar bahwa rekaman jazz adalah cerminan dari acara
pertunjukan yang sebenarnya, di mana musisi bermain dan bereaksi satu sama lain
dengan tingkat tertentu.Dengan kata lain, rekaman jazz mungkin berada dalam
lingkup apa yang disebut oleh filsuf Noël Carroll sebagai rekaman dokumenter
«tanpa pernis», yaitu rekaman yang tidak dimanipulasi.Namun, seperti yang telah
dicatat, pembagian praktis antara fonoart dan dokumen fonograf yang tidak
dipoles ini bermasalah, mengingat banyaknya manipulasi elektronik yang
menyertai produksi semua rekaman musik.Dengan «jazz halus» yang khas, misalnya,
trek utama oleh instrumen yang memainkan melodi diletakkan di atas latar
belakang, yang terdiri dari sampel musik dan «pad», yaitu, ritme terprogram dan
timbre paduan suara, string, dan seterusnya.Tapi itu adalah informasi tentang
sepotong artifisial yang terisolasi dari apa yang biasanya merupakan tindakan
yang sedang berlangsung.Pertunjukan langsung dari karya yang dikomposisikan
selalu memungkinkan beberapa detail yang bergantung pada pilihan spesifik dari
pemain.Tetapi jika Anda berpikir bahwa masalah ini dapat memengaruhi semua pertunjukan
musik yang direkam, komposer musik klasik Roger Sessions setuju dengan
Anda.Justru karena jazz bukanlah bentuk komposisi yang menyeluruh, dan karena
pada dasarnya bergantung pada spontanitas improvisasi, maka wacana rinci
tentangnya, selain dalam ephemera anekdot dan jurnalisme, tergantung pada
medium yang sekaligus musuh keras musik.Karena musik yang berasal dari
pertunjukan jazz improvisasi klasik dapat dihafal atau dinotasikan, dan
kemudian diputar lagi atau direkam, contoh token dari aliran akustik yang
dihasilkan dapat dengan mudah dieksekusi untuk pemutaran CD atau pengunduhan
iPod.Singkatnya, bahkan dengan improvisasi musik jazz, kami pada akhirnya tidak
bergantung pada yang asli, seperti halnya dengan Friends atau Coming
Out.Seorang vivaphile jazz yang merenungkan masalah ini secara filosofis
mungkin keberatan bahwa dengan pertunjukan yang benar-benar improvisasi, kami
memiliki yang asli.Dengan cara yang sama, improvisasi oleh Sonny Rollins atau
Herbie Hancock hanya dapat diidentifikasi sebagai peristiwa spesifik yang dapat
didata.
Komentar
Posting Komentar